PENERIMAAN MAHASISWA BARU
SEKOLAH TINGGI ILMU STATISTIK

Pendaftaran secara online dibuka sekitar bulan Maret/April
JALUR SELEKSI
Tahun ini STIS menerima mahasiswa baru melalui 2 jalur, yaitu Jalur Ikatan Dinas dan Jalur Tugas Belajar Instansi Non BPS.
Jalur Ikatan Dinas merupakan jalur seleksi untuk lulusan SMA/MA jurusan IPA yang setelah lulus pendidikan di STIS akan diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) golongan III/a, untuk selanjutnya ditempatkan di unit kerja BPS di seluruh Indonesia sampai tingkat kabupaten/kota. Selama masa pendidikan, mahasiswa tidak dikenakan biaya pendidikan. Mahasiswa mendapatkan tunjangan ikatan dinas sesuai dengan peraturan yang berlaku.
Mahasiswa memiliki ikatan dinas selama dan setelah lulus dari pendidikan di STIS, yaitu wajib bekerja di lingkungan BPS sesuai dengan penempatanya di seluruh Indonesia selama dua kali masa pendidikan secara berturut-turut.
PERSYARATAN
1.      Sehat jasmani dan rohani (dapat dan layak bekerja dan beraktivitas, baik di dalam ruangan maupun di lapangan), tidak buta warna, dan bebas narkoba.
2.      Lulus Ujian Nasional SMA/MA Jurusan IPA.
3.      Nilai Matematika dan Bahasa Inggris minimal 7.00 (bukan hasil pembulatan/rata-rata) pada kelas XII semester I, atau pada semester sebelumnya saat terakhir menyelesaikan mata pelajaran tersebut jika diterapkan sistem SKS.
4.      Bersedia mematuhi peraturan STIS.
5.      Umur tidak lebih dari 22 tahun pada 1 Oktober.
6.      Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama pendidikan.
7.      Tidak sedang menjalankan ikatan dinas dengan instasi lain.
8.      Bersedia menandatangani Surat Perjanjian Ikatan Dinas (SPID).
9.      Setelah lulus, bersedia ditempatkan di unit kerja BPS di seluruh Indonesia sampai dengan tingkat kabupaten/kota.

TAHAPAN SELEKSI
Seleksi akan dilaksanakan dalam tiga tahap:
1.      Tahap 1 yaitu tes tertulis. Materi yang akan diujikan dalam tes tertulis yaitu Matematika, Bahasa Inggris, dan Pengetahuan Umum. 
2.      Tahap 2 yaitu psikotes.
3.      Tahap 3 yaitu wawancara dan tes kesehatan. 

          Tiap-tiap tahapan tes diselenggarakan di masing-masing ibukota propinsi di seluruh Indonesia.

Cara Pendaftaran
Proses pendaftaran terdiri dari tahap berikut:
1.     Mendaftarkan alamat email pada Aplikasi SPMB STIS
Buka Aplikasi SPMB STIS untuk mendaftarkan alamat email anda (bisa dibuka mulai tanggal 2 Maret 2015). Anda akan menerima pesan melalui email yang berisi petunjuk pengisian formulir pendaftaran.

2.   Mengisi formulir pendaftaran
Ikuti petunjuk yang tertulis pada pesan email untuk mengisi formulir pendaftaran.
3.     Anda menerima Nomor Pendaftaran
Setelah anda selesai mengisi formulir pendaftaran, anda akan menerima Nomor Pendaftaran. Nomor Pendaftaran anda gunakan untuk melakukan login pada Aplikasi SPMB STIS selama proses seleksi berlangsung. Nomor Pendaftaran juga anda gunakan sebagai Kode Pembayaran untuk melakukan pembayaran biaya seleksi. Untuk Jalur Tugas Belajar Instansi Non BPS, anda harus mengikuti proses pemeriksaan berkas sebelum bisa melakukan pembayaran.
4.   Membayar biaya seleksi
Anda harus membayar biaya seleksi sebelum batas waktu yang ditentukan pada waktu anda menerima Kode Pembayaran. Lihat cara pembayaran di bawah.
5.   Mencetak Kartu Tanda Peserta Ujian Masuk (KTPUM)
Setelah anda membayar biaya seleksi, anda dapat mencetak KTPUM dengan login pada Aplikasi SPMB STIS. 
KTPUM harus dibawa dan dapat ditunjukkan pada setiap proses seleksi.
(Jika anda membayar melalui BRI, anda dapat langsung mencetak KTPUM. Jika anda membayar melalui Mandiri, silahkan melakukan aktivasi tmenggunakan Token yang tercetak pada bukti pembayaran anda di menu Aktivasi.  Setelah melakukan aktivasi, anda dapat mencetak KTPUM.)

Selain hal yang tertulis pada panduan sini, anda harus memperhatikan seluruh informasi yang tertulis pada ketentuan masing-masing jalur seleksi, dan ketentuan yang tertulis pada pengumuman hasil seleksi.

0 komentar:

Posting Komentar

SELAMAT kepada siswa yang dinyatakan lulus SNMPTN 2018.Bagi yang belum berhasil, jangan patah semangat...Salam BK..@if'2018

Alih Bahasa / Translate

Pengunjung

Flag Counter